Business to Consumer (B2C)

A. Definisi
B2C kependekan dari business to consumer yang artinya sebuah proses yang terjadi apabila organisasi atau perusahaan menjual produk atau jasa kepada konsumenya melalui jaringan internet.

B. Definisi lain B2C
  •     B2C merupakan trasaksi ritel dengan pembeli individual (Muady Fuady)
  •    B2C juga dapat berarti mekanisme toko online (electronic shoping mall) yaitu          transaksi antara emerchant dengan e customer(Onno W.Purbo)
C. Karakteristik B2C
  •          Terbuka untuk umum, dimana informasi di sebarkan ke umum
  •    Servise yang diberikan bersifat umum (generic) denganmekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem web sudah umum digunakan maka service diberikan dengan menggunakan basis web.
  •    Service diberikan berdasarkan permohonan (on demand). Cunsumer melakukan inisiatif dan produse harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.


D. Perkembangan B2C
·        
  •       Pada awalnya internet belum menyediakan layanan untuk bertransaksi bagi              konsumen. Banyak usaha dilakukan tetapi tidak berhasil.
  •       Pada tahun 184 diciptakan sistem transaksi perbankan secara online oleh AT&T,        tetapi tidak berhasil dikarenakan infrastrukturbelum memadai.
  •            Pada tahun 2000 diperkenalkan situs belanja online yang bernama amazone.com.
  •      Setelah saat itu mulai banyak bermunculan situs-situs transaksi online yang            menyusup prinsip B2C

E. Aktivitas B2C
1.       Promotion

  •    Sampai pada tahun 2004, alokasi dana perusahaan rata rata untuk iklan di internet sampai sebesar 8%
  •      Format : Banner, Bottons, Rich – media Banner (flash & aplikasi lain)
  •      Keuntungan dan kelebihan
keuntungan
a)      Interaktif, user memegang kendali
b)      Lebih fokus
c)       Berbasis komunikasi , user bisa langsung memberikan komentar
Kerugian
a)      Madih kalah efektif dengan banner kasar besar di koran
b)      User yang tidak bisa dikendalikan.

2.       Ordering
·         3C :
a)      Content – Oriented : situs-situs universitas
b)      Commerce – Oriented : amazon.com
c)       Community – Oriented : kaskus.us
·         Situs dengan tipe commerceoriented menyediakan layanan lengkap , mulai dari akses ke database produk , pemesanan , sampai pengiriman.

3.       Delivery
·         Pengiriman melalui internet : softwere , e-book, multimedia
·         Pengiriman secara fisik : CD / DVD, buku, kaset/video- tape.

4.       After- sales Services
·         Melalui e mail, internet messenger, bulletin board,/ forum.
·   Menggunakan berbagai teknologi terbaru : CRM, data mining tool, sistem terintegrasi yang berbasis pelanggaran.
·         Berdasarkan survey yang dilakukan, 90%  pelanggan lebih menyukai pelayanan yang berbasis web daripada pelayanan berbasis telepon.

F. Bisnis Proses B2C
·         Bisnis proses pada B2c menjelaskan dasar dasar dari kerangka kerja sebuah bisnis (2W1H)
a)      segmentasi Pasar (Who?)
b)      Layanan / Produk yang ditawarkan ( What?)
c)       Bagaimana Cara kerjanya ( How?)
·         Contoh :
-          Bisnis Proses : eBay.com
Who ? siapapun
What ? produk apapun
How ? pertukaran barang dengan cara lelalng
Nilai bisnis? Efisiensi
Kelebihan ? Harga yang murah &  pilihan yang beragam.


G. Pelayanan B2C
·         Membuat contoh produk yang dijual beserta informasi  informasinya.
·         Melakukan transaksi penjualan barang
·         Melakukan transaksi pembayaran barang
·         Melakukan transaksi pengiriman barang
·         Membuat berita – berita terbaru tentang produk
·         Menginformasikan lokasi penjualan dan layanan
·         Memberikan service secara lengkap

H. Produk B2C
  •      Produk Digital : seperti lagu, album,film, program komputer dan update dan jasanya.
  •      Produk fisik : penjualan  dapat membuat melalui internet, namun pengiriman harus diatur. Perkembangan surat pribadi / perusahaan pengiriman barang secara tidak langsung membantu penjualan e-commerce.

·         Kunci perbedaan antara produk digital dan fisik bahwa dapat dikonsumsi segera mungkin setalah diunduh.

I. Klasifikasi B2C
Secara umum , tipetipe B2C terbagi menjadi  klasifikasi , yaitu :
1.       Auction Stores
2.       Online Stores
3.       Online Services
4.       Other Services

klasifikasi B2C
1.       Auction Stores
Dimana layanan ini sebagai tempat untuk memberikan pelayanan dalam bidang perdagangan. Misalnya untuk mengiklankan produk perusahaan dan cara membayar dsb. Sehingga dapat kita ketahui menggunakan layanan kita dapat memaksimalkan keuntungan yang ingin kita capai karena penawaran yang sangat banyak dari berbagai negara. Contohnya , www.ebay.com ; www.swinde.com

2.       Other Services
Layanan yang menyediakan fasilitas untuk penjualan produk dan jasa diluar klasifikasi yang sudah diberikan sebelumnya. Contohnya : www.kaskus.us



0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © A U L I A . Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online