Business to Business (B2B) Merupakan sistem komunikasi bisnis antar
pelaku bisnis atau transaksi secara elektronik antar perusahaan yang
dilakukan secara rutin dan dalam kapasitas produk yang besar.
Konsep B2B transaksi bisnis dijalankan melalui internet atau jaringan
intern perusahaan, juga dikenal sebagai eB2B (electronic B2B).
Karakteristik B2B
- Trading Partner : Pertukaran informasi hanya berlangsung diantara mereka dan karena sudah mengenal, maka pertukaran dilakukan atas dasar kebutuhan dan kepercayaan.
- Pertukaran data dilakukan secara berulang dan berskala dengan format data yang telah disepakati. Jadi service yang dipergunakan antar kedua sistem tersebut sama dan menggunakan standar yang sama pula.
- Salah satu pelaku tidak harus menunggu partner mereka lainnya untuk mengirimkan data.
- Model yang umum digunakan adalah peer to peer, dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.
Model B2B
Pure Play (B2B Online Murni)
- Electronic Market : iMark.com
- Web Malls : www2.mallpark.com
- Web Hosting: hostgator.com, qwords.com
Click and Mortar (Partial B2B)
- Suplier’s Web : covisint.com
- Promotion : sap.com
- Logistics : ec.ups.com
- After Sales: Cisco.com
Manfaat dan Keunggulan Layanan B2B
- Hemat waktu dan praktis Menu dalam situs layanan B2B khusus hanya menyediakan kebutuhan produk pelanggan terkait, tanpa harus repot mencarinya dalam katalog produk atau daftar kategori produk umum Kawan Lama yang lainnya.
- Efektif dan efisien Pelanggan B2B tidak perlu melewati proses negosiasi harga yang panjang, karena sudah dilakukan pada awal kesepakatan kerja sama.
- Keuntungannya besar Mengurangi biaya perusahaan untuk administrasi, surat menyurat transaksi, ataupun untuk riset harga pasar.
- Kerahasiaannya aman dan terjamin Sistemnya menggunakan tingkat keamanan yang tinggi dengan protocol secure socket layer 256 bit untuk menjaga keamanan data pelanggan.
- Transaksi yang transparan Layanan ini mendukung good corporate governance. Setiap transaksi mudah dipantau karena sistem selalu memberikan rekam jejak transaksi melalui e-mail notifikasi kepada buyer (bagian purchasing) atasan (pemberi approval), hingga user, ataupun yang berhak mendapatkan informasi tersebut di perusahaan sesuai dengan kesepakatan. Ini meningkatkan kontrol perusahan terhadap proses transaksi.
Untuk mendapatkan akses layanan B2B dengan Kawan Lama, perusahaan
terkait dapat membuat kesepakan kerja sama berdasarkan prinsip saling
menguntungkan. Staf Kawan Lama bisa diminta untuk berkunjung ke tempat
pelanggan dengan perjanjian sebelumnya dan prosesnya sangat mudah:
- Presentasi dan demo sistem B2B dari staf Kawan Lama
- Proses agreement (kesepakatan) dan penandatanganan kontrak
- Penerimaan account dan address khusus bagi pelanggan (baik buyer/purchasing, bagian approval, dan atau user, tergantung kesepakatan)
- Training khusus untuk pelanggan B2B
Www.kawanlama.com/commerce/59-commerce/71-business-to-business-b2b
http://materikuliah.org/modul/business-to-business-b2b.aspx
0 komentar:
Posting Komentar