Penerapan E- Business pada "Borobudur Trip"


Bab 1. Pendahuluan
A.      Latar Belakang
E-bisnis (Electronic Business, atau "E-business") dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer (Wikipedia Indonesia). Istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner, seorang CEO perusahaan IBM ini, sekarang merupakan bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi Internet.
Penerapan e-bisnis pada suatu unit usaha sebenarnya dapat menimbulkan keuntungan atau kerugian bagi unit usaha yang dimaksud.Pada satu sisi, teknologi ini akan sangat menguntungkan penjualan. Promosi dapat dilakukan secara meluas. Sampai pada efesiensi tenaga kerja, secara tidak langsung. Namun, bagi beberapa unit usaha, penerapan e-bisnis cenderung akan mengakibatkan kerugian. Hal ini dikarenakan biaya yang dibutuhkan untuk mengoperasikan teknologi ini sangat tinggi. Bahkan bisa lebih tinggi daripada keuntungan yang diperoleh dari penerapan e-bisnis itu sendiri. Sehingga hal ini tidak memenuhi teori cost and benefit. Di mana benefit yang seharusnya diperoleh lebih besar daripada cost yang dikeluarkan.
Dengan demikian, unit usaha untuk konsep perancangan pengembangan e busines  ini adalah “Borobudur Trip” . Perusahaan ini merupakan perusahaan jasa yang berkembambang disekitar kawasan Candi Borobudur .
B.      Profil Perusahaan
Borobudur Village Trip adalah agent perjalanan yang berada di kawasan Borobudur yang bergerak di bidang tour and travel kususnya di kawasan Borobudur, yogyakarta dan sekitarnya. Perusahaan Ini berlokasi di Jalan Bala Putradewa no 72 – Borobudur, dan dipimpin oleh . Perusahaan Jasa ini dapat dihubungi pada nomor berikut ; Phone. +6285 743 099 196 . Berdiri pada tanggal 29 September 2012 sesuai akta ijin pendirian perusahaan jasa tersebut.
Perusahaan ini memiliki visi, “bersama membangun negeri, bersinergi dengan potensi lokal”. Dengan visi ini mereka bermaksud untuk memanfaatkan pariwisata lokal untuk menarik para wisatawan luar untuk menikmati wisata lokal. Perusahaan ini menawarkan paket wisata khususnya di kawasan Borobudur seperti paket beduhur tour teample, dan puthuk situmbu sunrise. Dan dikawasan yogyakarta yaitu paket boko tour.
C.      Tujuan
Perancangan sebuah konsep Pembangun E-busines dalam perusahaan Jasa “CV Borobudur Trip” berupa.
-       Infrastruktur
-       Analisis Biaya
-       Rancangan desain website
Bab 2. Pembahasan
A.   Infrastruktur
      -  Software

Aplikasi yang dibutuhkan dalam membuat Web sederhana, entah dengan PHP, HTML, Java dll

Berikut aplikasi yang wajib dubutuhkan :
1.       Web Server
·         Aplikasi ini tentunya wajib diinstall, karena memiliki fungsi untuk menerima permintaan (request) berupa halaman web melalui http dari pengguna dengan menggunakan Web dalam bentuk halaman web yang umumnya berupa file html, php
·         contoh aplikasi Web Server : Apache Web Server, XAMPP, Xitami Web Server dll
2.       Text Editor
·         Aplikasi ini digunakan untuk menuliskan script / kode-kode pemrograman Web yang kita buat, seperti kode HTML, PHP, Javascript dll.
·         contoh aplikasi Text Editoe : Notepad, Notepad++, Dreamweaver.

3.       Web Browser
·         Aplikasi ini digunakan untuk menampilkan hasil coding (penulisan kode) yang kita buat berupa file HTML, PHP dan Javacsript.
·         contoh aplikasi Web Browser : Internet Explorer, Chrome, Mozila Firefox, Opera dll
Mempercantik web yang anda buat dengan aplikasi pelengkap seperti :
·         Aplikasi Grafis, digunakan untuk mendesain sebuah gambar, logo, tombol dll untuk tampilan website. (contoh aplikasi grafis: Photoshop, Corel Draw dll)
·         Aplikasi Animasi, digunakan untuk membuat gambar, banner bergerak atau animasi. (contoh aplikasi animasi: Adobe Flash Macromedia)
·         Aplikasi Audio, digunakan untuk membuat efek suara pada website jika diperlukan. (contoh aplikasi audio: Adobe Audition)
-     Hardware
Hadwere yang dibutuhkan dalam menghubungkan dengan internet :
§  komputer
§  laptop
§  modem
§  router
§  kartu jaringan
§  bridge jaringan

b. Analisis Biaya
§  Biaya software
Dengan Blog
Kita menggunakan blog secara gratis. Hal ini karena subdomain dan webhosting sudah disediakan oleh masing-masing platform blog. Jika menggunakan website maka kita perlu mengeluarkan uang untuk biaya sewa webhosting bulanan dan sewa domain tahunan. Meskipun demikian, pengeluaran untuk biaya membuat website dapat kita kurangi dengan menggunakan sewa webhosting gratisan dan sewa domain bukan Top Level Domain secara gratis.
Dengan Website
Komponen Biaya Pembuatan Website
Dalam pembuatan website, dibutuhkan beberapa tahapan proses pengerjaan yang menentukan besar kecil biaya pembuatan website. Berikut ini adalah  yang ada tahapan penting dari pembuatan website.

1)      Pembelian nama domain & server hosting
Nama domain: Setiap website memerlukan nama domain atau bisa disebut sebagai nama / label / alamat website seperti google.com, wikipedia.org, indonesia.co.id dan lain sebagainya. Harga nama domain ditentukan oleh jenis domain / akhiran nama domain: .com, .net, .org, co.id, web.id dll. Harga untuk pembelian dan perpanjangan nama domain berkisar antar Rp. 50.000 s/d lebih dari Rp. 400.000 per tahun juga ada, terutama untuk domain unik dari negara lain.

Hosting dan Server: Untuk meng-online-kan website diperlukan komputer hostinguntuk menyimpan file data website dan komputer server untuk melayani pengunjung setiap saat, kapan saja dan darimanapun selama 24/7/365. Hosting dan server ini sangat dipengaruhi oleh skala ukuran aplikasi website dan jumlah pengunjung. Semakin kompleks, dan semakin banyak pengunjung maka dibutuhkan komputer server yang lebih tangguh dan tentu saja berbiaya mahal.

2)      Analisis & riset kebutuhan

Pembuat website bisa saja membuat website kilat jadi dalam waktu sehari.  Tapi yang namanya cepat-cepat pasti ruang lingkup yang diperhatikan sempit, kurang teliti, ada yang harus dipotong. Dalam membuat website harus ada proses pengenala, riset dan perencanaan. Developer atau desainer website harus memahami karakteristik, kebutuhan, kegiatan, produk / jasa, pengunjung website, target audiens dan perkembangan industri dari kliennya. Hal ini sangat penting, supaya dapat menentukan strategi, layanan,  fitur yang tepat dan menjadi dasar evaluasi performa websitenya dikemudian hari.

§  Biaya Hardware
Nama Barang
Banyak
Biaya
Komputer
1 set
 Rp  3500.000 ,-
Laptop Toshiba
1
 Rp  6000.000 ,-
Modem
1
 Rp   300.000 ,-
Router
1
 Rp   500.000 ,-
Kartu Jaringan
1
 Rp   750.000 ,-
Bridge jaringan
1
 Rp   600.000 ,-
Total
 Rp 11.650.000,-

c. Rancangan Design Websit
Perancangan blog ini sangatlah sederhana hanya menampilkan informasi informasi yang dibutuhkan oleh para pembaca agar mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Pada blog ini hanya ada tiga jendela informasi, yaitu :
1.      Home ,Gambaran luas blog

2.      About us, deskripsi singkat tentang perusahan
3.      Contact us, informasi kontak
Tampilan :
1.      Home
Menampilkan destinasi wisata yang ditawarkan perusahaan jasa ini.

                                                          Gambar. 1.1

2.      About us,deskripsi singkat tentang perusahaan
Dalam jendela / laman ini kita dapat mengetahui profil singkat perusahaan, seperti nama Perusahaan, alamat, dan pelayanan yang diberikan.

Gambar.1.2
3.      Contact Us
Laman ini menampilkan nomer telephone perusahaan agar calon wisatawan dengan mudah menemukan kontak perusahaan yang dituju.
Gambar . 1.3

Bab. 3 Kesimpulan
Bagi perusahaan jasa menengah, seperti CV Borobudur Trip , menerapkan teknologi informasi jaringan dan komunikasi akan sangat memberikan dampak positif. Akan menambah pendapatan bagi perusahaan. Namun  penerapan teknologi mutakhir seperti pembelian website cenderung akan mengakibatkan kerugian financial yang cukup besar. Hal ini dikarenakan biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan dan operasional teknologi ini sangat besar. Sedangkan hasil yang diperoleh belum tentu dapat menutupi biaya tersebut, apalagi diharapkan dapat memberikan laba bagi perusahaan. Sehingga solusi menggunakan website murah seperti blog akan mempermudah dan meminimalisasi biaya promosi.

Bab.4. Daftar Pustaka




0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © A U L I A . Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online