Trend dan Tantangan E-Busines

  • Perkembangan TI pada tahun 1950-an Hingga Serta Pengaruhnya terhadap E-business  :


Pada awal 1950-an
Perkembangan teknologi informasi hanya sebatas digunakan untuk Militer penerapan dalam e-business masih belum terlihat.

Pada era 1960-an
 Perkembangan TI ini muncul pada era 1960-an banyak digunakan diberbagai perusahaan khususnya dalam bidang bisnis. Karena pada era ini manusia telah menganal bagian-bagian dari TI .

Pada era 1965-1971-an
Pada perkembangan era ini TI paling pesat dari perkembangan komputer yang ada. Pengaruh pada e-bussiness.


Tahun 1999 – awal 2000-an
Bisnis “DOTCOM” muncul dengan adanya  frekuensi yang sangat besar hingga menggelembung. Banyak model bisnis yang belum terbukti namun ramai diluncurkan. Hal ini disebut sebagai internet bust . E-business yang pada era ini lebih dikenal lebih dulu sub bagiannnya yaitu e-commerce berkembang sangat cepat di era ini.

2000 – Sekarang
Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi informasi semakin advanced. Hal ini dibukuti juga dengan adanya  perkembangan e-business yang selalu mengalami banyak perkembangan. Banyak sekali jenis aplikasi e-business yang sudah diciptakan sebelumnya (contoh : CRM, ERP dan lain sebagainya) semakin lama semakin mudah digunakan serta efektif dan efisien dalam pelaksanaannya. Contohnya yaitu cloud computing yang semakin membuat perusahaan menggunakan aplikasi penerapan e-business dengan semakin efektif dan efisien. Sejak perkembangan internet yang awalnya tidak terjangkau dan sekarang menjadi mudah dijangkau masyarakat luas, penerapan e-business semakin terlihat.

  • Kendala dan tantangan pemanfaatan TI pada e-Business

·    Masyarakat banyak yang belum siap menerima kemajuan teknologi dalam membawa perubahan cara berkomunikasi dan berbisnis. Taraf pendidikan masyarakat belum terdidik dalam menerima teknologi maju. Akses internet merupakan suatu yang sangat mahal, terlebih-lebih  untuk akses global

·         Keamanan dan kerahasiaan pribadi
Bisnis apapun harus menjaga kerahasiaan informasi agar tetap aman dan hanya dapat diakses oleh penerima yang dimaksud. Untuk menjaga informasi tetap aman dan terjaga, setiap catatan transaksi dan berkas lain perlu dilindungi dari akses yang tidak sah, serta memastikan transmisi data dan penyimpanan informasi yang aman. E-business mempermudah perusahaan dalam pelaksanaan kegiatan bisnisnya namun kemanan yang tidak terjaga dapat membuat pihak yang tidak berhak dapat mengakses data perusahaan dengan mudah. Hal ini jelas menjadi kekhawatiran sebagian perusahaan dalam menerapkan e-business.
·         Keabsahan data
Transaksi e-Business memiliki tantangan yang lebih besar untuk membangun keabsahan karena data dari internet sangat mudah untuk diubah dan disalin. Kedua belah pihak yang terkait dalam e-Business sama-sama ingin memastikan keaslian masing-masing rekan, terutama jika salah satu pihak akan melakukan pemesanan dan transaksi pembayaran elektronik.
·         Integritas Data
Sebuah bisnis perlu merasa yakin bahwa data tidak diubah dalam perjalanan, baik sengaja atau karena kecelakaan. Hal ini sama seperti yang dibahas di atas sebelumnya mengenai keamanan. Isu keamanan data yang tidak terjamin membuat sejumlah perusahaan semakin enggan menerapkan e-business.

·         Tanpa Penyangkalan
Hal ini berkaitan dengan adanya bukti dalam transaksi. Sebuah bisnis harus memiliki jaminan bahwa pihak yang menerima atau pembeli tidak dapat menyangkal bahwa transaksi telah terjadi, dan ini berarti memiliki bukti yang cukup untuk membuktikan transaksi.
·         Kontrol Akses
Memiliki Ketakutan tersendiri di mana perusahaan takut akan adanya pihak lain yang tidak berwenang mengendalikan sistem namun dapat masuk ke dalam sistem untuk mengakses informasi, mengambil informasi ataupun mengacaukan sistem yang ada.

·         Ketersediaan Layanan
berhubungan dengan penyediaan layanan dan informasi bagi pelanggan bisnis. Pesan harus disampaikan dalam cara yang dapat diandalkan dan tepat waktu, dan informasi harus aq                                            dapat disimpan dan diambil sesuai kebutuhan. Karena ketersediaan layanan penting untuk semua website e-Business, langkah-langkah tertentu harus diambil agar dapat mencegah gangguan layanan oleh peristiwa-peristiwa seperti listrik padam dan kerusakan infrastruktur fisik.Sebuah bisnis harus memiliki jaminan bahwa pihak yang menerima atau pembeli tidak dapat menyangkal bahwa transaksi telah terjadi, dan ini berarti memiliki bukti yang cukup untuk membuktikan setiap  transaksi yang dilakukan.

  • Trend perkembangan TI kedepan dan manfaatnya bagi e-Business

Salah satu tren dari perkembangan TI yaitu :

SMS Banking
 adalah layanan perbankan yang selalu  dilakukan dengan menggunakan SMS (short Message Service ). Pada Transaksi in yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo, transfer uang, dan pembayaran tagihan.

E-commerce adalah perdagangan elektronik (Electronic commerce ) adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan internet.

Sumber :


1 komentar:

deepak mengatakan...

thanks.
Paragraph on Pollution | 4 Types of Pollution The degradation of the environment due to various factors is known as Pollution.

Posting Komentar

 

Copyright © A U L I A . Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online